Saturday, April 6, 2013

Musibah Adalah Karena Dirimu Sendiri

"Tertawa geli dan terkadang menangis melihat tingkah laku dan ucapan diri saya sendiri dan juga melihat seseorang yang kemudian mengait - ngaitkan suatu bencana dan atau musibah kepada kesesatan dan pluralisme"

Tidak sedikit saya temukan artikel yang membahas tentang kesesatan dan pluralisme yang kemudian menjadikan hal tersebut sebagai kambing hitam atas segala musibah yang terjadi di Indonesia.

Ketika kita mengkaji dan atau menulis dengan meneliti dan kemudian menyimpul segala sesuatu hal yang berkaitan dengan musibah , bencana , azab yang menimpa diri kita maka seyogyanya kita terlebih dahulu melihat apa yang ada didalam diri kita apakah kita sudah menjalankan perintah dan menjauhi larangan Nya ...? 

Kemudian kita lihat disekeliling kita apakah kita sudah menasehati mereka yang mungkin agak menyimpang dari ajaran yang telah ditetapkan oleh Nya .....? 

Apakah kemudian kita sudah menghindari segala sesuatu yang menyebabkan murka Nya ....? 

Dalam menyimpulkan terjadinya Musibah , Bencana , Azab hendaknyalah kita terlebih dahulu melihat apa yang ada dalam diri kita , apa yang ada disekeliling kita , dan meyakini segala ketentuan dari Nya, yang dalam hal ini perlu bagi kita untuk seyogyanya melihat kembali ayat - ayat Nya. 

Mengkaji lebih dalam , meneliti , memahami , hingga kemudian dapatlah kita menarik suatu kesimpulan dengan berdasarkan kepada petunjuk dari Nya.

Pertama : Apapun musibah yang menimpa diri kita adalah dari kesalahan kita sendiri.(An Nisaa' : 79)
Kedua : Tidaklah orang yang sesat itu dapat menimpakan kemudharatan (Al Maaidah : 105)
Ketiga : Tiada bencana yang terjadi dibumi dan pada diri kita melainkan sudah tertulis didalam kitab sebelum bumi dan manusia diciptakan ( Al Hadiid : 22)

Dari ketiga ayat diatas jelaslah bahwa apapun bencana dan atau musibah yang terjadi pada diri kita dan atau disekeliling kita adalah sudah ditentukan oleh Allah Subhanahu Wata'ala akan tetapi hal tersebut adalah bukan karena memang ditentukan untuk menimpa kita akan tetapi karena kesalahan kita sendiri dan bukanlah merupakan kesalahan orang lain. 

"engkau tidak memiliki masalah apapun didunia ini selain dirimu sendiri"

0 comments:

Post a Comment