Friday, April 5, 2013

Sila Ke 1 Butir Ke 1 Pancasila

Percaya dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, marilah berpegang kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah." Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)." 

Percaya dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa (Allah Subhanahu Wata'ala) adalah merupakan keyakinan utama yang harus dimiliki oleh setiap manusia yang beriman, dan kemudian menjalankan setiap syariat tertentu yang telah diturunkan kepada masing - masing mereka dengan berdasar kepada prikemanusiaan dan bukannya nafsu kebinatangan.

Allah Subhanahu Wata'ala telah memerintahkan kepada setiap umat manusia dengan menurunkan kepada mereka para Nabi dan Rasul yang membawa syariat tertentu yang berbeda satu dengan yang lain, hal tersebut adalah dijadikan oleh Allah Subhanahu Wata'ala sebagai batu ujian kepada masing - masing umat untuk menjalankan hukum diantara mereka sendiri.

Kitab ini telah sempurna dan masing - masing umat telah memiliki syariat tertentu yang harus mereka jalankan tanpa kemudian saling singgung dan mengalahkan apalagi memperdebatkan. melainkan untuk dijalankan hukum hukum yang telah ada dalam kelompok mereka sendiri menurut apa yang telah Allah Subhanahu Wata'ala turunkan.

Sebagaimana dijelaskan didalam surah Al Maaidah ayat 48

Wallahu A'lam

0 comments:

Post a Comment